Microsoft Office adalah serangkaian aplikasi yang dibuat untuk meningkatkan produktivitas para penggunanya. Beberapa aplikasi yang merupakan bagian dari Microsoft Office adalah Ms Word, Ms PowerPoint, Ms Excel, Ms Oultook, dan Ms Access.
Berbagai aplikasi yang disediakan Microsoft Office dapat dimanfaatkan dalam pengelolaan file atau dokumen. Sebagai contoh Ms Word dapat digunakan untuk mengelola dokumen dan Ms Excel digunakan untuk mengolah data.
Pada kesempatan kali ini, pembahasan akan menuju kepada fitur-fitur yang Tidak Termasuk Dalam Menu Insert adalah Ms Word dan Excel.
Apa Itu Menu Insert?
Insert adalah salah satu menu yang ada pada Ms Word, Ms Excel, dan PowerPoint. Fungsinya yaitu untuk menambahkan berbagai elemen atau objek pada file yang sedang dikerjakan. Beberapa fitur yang ada dalam menu Insert yaitu gambar, tabel, objek media, grafik, dan lain-lain.
Meskipun menu Insert mempunyai banyak fitur, namun masih ada banyak sekali yang tidak termasuk didalamnya seperti fitur pengaturan format teks. Meskipun begitu, ada beberapa keuntungan yaitu membuat menu Insert menjadi lebih terpusat dan lebih sederhana.
Dengan fitur yang tidak terlalu kompleks, dapat memudahkan terutama untuk pengguna yang tidak terbiasa menggunakan Microsoft Office.
Keuntungan yang kedua yaitu fitur-fiturnya telah dikelompokkan menjadi satu kesatuan yang lebih spesifik. Contohnya yaitu menu Data, Format dan Tools. Pengguna dapat dengan mudah menemukan fitur yang diperlukan berdasarkan kelompoknya.
Yang Tidak Termasuk Dalam Menu Insert adalah
Karena ada banyak sekali fitur penting yang tidak dimuat pada menu Insert, berikut penjabaran mengenai fitur yang tidak ada dalam menu Insert Ms Word dan Excel.
Fitur Pengaturan Format Teks
Menu Insert tidak menyediakan fitur untuk melakukan pengaturan lebih lanjut pada format teks. Untuk melakukan pengaturan format teks, Anda perlu berpindah pada tab ‘Home’ pada aplikasi Ms Word.
Pada tab ‘Home’ Anda bisa menggunakan berbagai fitur seperti mengubah font, mengubah ukuran dan warna teks, serta melakukan pengaturan paragraf. Berikut daftar fitur mengenai pengaturan format teks yang tidak ada dalam menu Insert Ms Word dan Excel.
- Bullets and Numbering: Opsi ini berfungsi untuk memberi penomoran atau poin-poin pada dokumen yang sedang dikerjakan.
- Alignment: Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur kerapian paragraf. Bisa dibuat menjadi rata kiri, rata kanan, rata tengah, dan rata kanan kiri.
- Line Spacing: Opsi Line Spacing bisa digunakan untuk mengatur jarak antara baris teks dalam dokumen.
- Font Color: Fitur ini berfungsi untuk mengubah warna teks.
- Borders: Opsi ini dapat digunakan untuk menambah garis batas pada dokumen, teks tabel, atau objek lain yang bisa diberi batas.
- Spell Check: Fitur Spell Check bisa dimanfaatkan untuk memeriksa ejaan serta tata bahasa pada dokumen atau presentasi.
Fitur Penyimpanan Dokumen
Beberapa fitur penting seperti penyimpanan dokumen atau membuka sebuah lembar kerja baru tidak dapat ditemukan pada menu Insert. Berikut daftar fitur-fitur yang tidak ada dalam menu Insert.
- New: Fitur ini berfungsi untuk membuat lembar kerja baru atau dokumen kosong.
- Open: Opsi Open bisa digunakan untuk membuka dokumen atau file yang ada pada lokasi penyimpanan.
- Save: Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan penyimpanan sebuah file dokumen.
- Save As: Fitur ini hampir sama dengan fitur save, namun perbedaannya yaitu Anda bisa memberi nama pada file yang akan disimpan.
- Print: Apabila Anda ingin mencetak sebuah dokumen, maka opsi Print inilah yang harus Anda gunakan.
- Share: Fitur ini bisa digunakan untuk berbagi dokumen atau file dengan pengguna lain melalui cloud, email atau kolaborasi secara langsung (real-time).
- Export: Ini adalah fitur yang dapat mengonversi dokumen menjadi bentuk file lain seperti format PDF.
- Close: Ini adalah opsi untuk menutup file atau dokumen yang sedang dikerjakan.
Pengoperasian Data
Untuk melakukan pengolahan atau pengoperasian data yang lebih kompleks pada aplikasi Ms Excel, Anda perlu membuka menu ‘Data’ atau menggunakan rumus pada toolbar. Menu Insert biasanya hanya digunakan untuk memasukkan objek atau data pada lembar kerja.
Opsi Pengeditan Gambar
Untuk melakukan edit gambar yang lebih kompleks, Anda memerlukan aplikasi tambahan karena pada Ms Word dan Ms Excel tidak menyediakan fitur ini. Menu Insert pada Ms Word dan Ms Excel hanya dapat digunakan untuk memasukkan gambar dan objek dalam dokumen.
Apabila ingin memasukkan gambar atau objek yang membutuhkan pengeditan, disarankan untuk menggunakan aplikasi lain yang menyediakan fitur yang lebih lengkap. Setelah mengedit gambar, barulah dimasukkan atau digunakan dalam file atau dokumen.
Dari penjabaran di atas, dapat diketahui bahwa beberapa fitur yang tidak ada dalam menu Insert Ms Word dan Excel juga mempunyai fungsi yang sangat penting. Maka dari itu, apabila ingin mempelajari Microsoft Office terutama Ms Word dan Excel sangat disarankan untuk memahami semua elemennya.